Cocok

Bro & Sis, secara periodik saya mewawancarai calon guru. Di dalam sesi wawancara biasanya saya tanyakan juga hobi dan kesenangannya. Mengapa? Karena dari situ saya bisa merapa apakah orangi ini senang mengajar atau tidak. Misalnya, seorang hendak melamar sebagai guru pre-school, maka saya tanyakan apakah dia senang dengan anak-anak? Jika jawabannya ‘tidak’ bukankah tidak cocok baginya untuk mengajar anak-anak? Apal agi kriteria cocok untuk seorang guru taman bermain atau taman kana-kanak? Harus telaten dan sabar. Bukankah anak-anak banyak tingkah dan tuntutannya?

Demikian juga saat mewwancarai seirang customer service, misalnya, maka kita ingin tahu apakah dia punya kepribadian yang menarik dan ramah? Jika tidak, bagaimana dia bisa melayani pelanggan dengan baik. Seorang penjual, seharusnya juga memiliki perpaduan antara keberanian dankeramahan, Dia juga orang yang pandai mengangkat kelebihan produk dan jasa yang dijualnya.

Bro & Sis, semakin banyak kecocokan karakter orang itu dengan jenis pelanggan yang ia incar, peluang untuk diterima lebih besar. Jika kecocokan itu ditambah dengan passion yang kuat, maka dia akan semakin ahli dibidangnya. Semakin pakar dia, semakin gampang dia melakukan tugasnya dan semakin betah belajar untuk menyukai pekerjaannya. Baca juga artikel Sektor Informal, semoga bermanfaat.

Sumber: Renungan Bulanan Profesional, 4 Juni 2017  (Xavier)

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s