Key Person

Bro & Sis, key person atau pemain kunci perusahaan atau organisasi bentuknya bisa beragam mulai dari koki, marketing manajer, CEO, desainer busana, penata rambut, dan lain-lain. Mereka adalah orang-orang kunci, pribadi yang bisa menentukan besar kecilnya omzet yang didapat oleh perusahaan. Sebagai pelaku dunia usaha, anda mesti tahu key person anda, atau siapa yang berpeluang membeli atau mempengaruhi buyer sehingga ia membeli dari anda.

Beberapa restoran cepat saji menangkap ini. Mereka tahu bahwa kadang yang menjadi key person bukanlah ayah yang mengajak keluarganya makan di luar, namun sering kali key person itu adalah anak-anaknya. Maka dengan berbagai promo mainan gratis, mereka mencoba memikat anak-anak. Ketika anak-anak merengek ingin mempunyai atau mau mengoleksi berbagai mainan, banyak orang tua tak bisa mengelak. Mau tidak mau mereka mesti membeli makanan di tempat itu.

Apakan anda mengerti siapa key person dalam tempat kerja anda? Mungkin anda menjawab pelanggan, tapi customer yang seperti apa, menengah atas, atau menengah kebawah? Lalu di usiakisaran berapa? Apakah anak-anak, remaja atau dewasa? Semakin detail anda tahu, semakin mudah anda menangkap peluang-peluang yang ada. Bahkan itu semakin memudahkan anda membuat strategi pasar, membuat promo, membuet even-even dan sebagainya.

Bro & Sis, pastikan dalam berkarir, dalam berbisnis, dalam menjual apapun kita tahu siapa sasaran kitam siapa yang menjadi key personnya. Ya, semakin clear, semakin profit lebih mudah diraih. Baca juga Skill Yang Lain, semoga bermanfaat.

Sumber: Renungan Bulanan Profesional, 6 Juni 2017 (Imelda)

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s