Berbaur

Bro & Sis, Pada tahun 1941, Sersan James Allen Ward dianugerahi Victoria Cross karena aksinya memanjat ke atas pesawat tempur untuk memadamkan api di mesin. Hanya mengikat seutas tali ke pinggangnya sebagai pengaman, ia tidak hanya memadamkan api, tapi juga berjalan di tengah guncangan pesawat untuk kembali ke kabin. Tidak lama setelah itu Winston Churchill mengundang Sersan Ward yang di kenal pemalu itu ketempatnya. Sang sersan membisu tak tahu mesti berkata apa kala berhadapan dengan salah satu orang besar di Inggris tersebut. “Anda psti merasa kikuk karena kehadisan saya.: ujar Churchill. “Ya, anda benar,” jawab Ward. “Bayangkan saja sebaliknya, betapa segan dan kikuknya saya karena anda,” Churchill berusaha menumbuhkan rasa percaya dari orang itu sekaligus memecah suasana.

Semakin besar seseorang, semakin ia tidak ingin ada sekat, ada tebok yang memisahkan antara dia dengan pegawai atau orang-orang yang berada di bawahnya. Ya, sebaliknya mereka ingin berbaur ingin menjalin relasi yang baik. Lihatlah Presiden Joko Widodo, ia sering terlihat di pusat-pusat perbelanjaan. Ia tidak merasa bahwa dia dan masyarakat mesti ada jurang, mesti ada jarak yang jauh. Sayangnya tidak sedikit pemimpin yang masing saja berusaha menjada image, yang tak mau orang di bawahnya terlalu dekat dengannya. “Mereka harus tahu diri dan tahu bagaimana menempatkan diri sehingga tidak berbuat seenaknya,” mungkin begitu pikirnya.

Bro & Sis, ketahui menjadi pimpinan yang rendah hati tidak akan membuat kita kehilangan apa-apa. Orang justru semakin respek dan menghargai. Berbaurlah tidak peduli apa pangkat anda hari ini. Biarkan setiap orang merasa nyaman di dekat kira dan bukan malah terintimidasi.

Sumber: Renungan Bulanan Profesional, 8 Juni 2017.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s