Buang Gengsi

Bro & Sis, tahukah anda bahwa Jose Mourinho yang merupakan seorang pelatih/manajer sepak bola handal, dulunya bahkan hanya termasuk pemain bola yang prestasinya rata-rata saja? Namun, ia bertekad mengikuti jejak ayahnya yang menapaki karir manajemen sepak bola. Sewaktu Bobby Robson bergabung dengan klub Sporting Lisbon di Portugal sebagai manajer, Mourinho melamar untuk bekerja bersamanya, menerjemahkan kata-kata manajer dari Inggris tersebut ke dalam bahasa Portugal. Baru pada tahun 2000 ia beralih total seagai manajer. Bahkan di kemudian hari, karirnya sebagai manajer makin hari makin cemerlang.

Apa yang terjadi jika Mourinho gengsi bekerja sebagai penerjemah bahasa? Mungkin ia tidak akan permah mengalami apa yang ia alami hari ini. Sayangnya, tak sedikit orang yang gengsi melakukn hal kecil, atau mengerjakan pekerjaan yang gajinya tak seberapa. “Mau taruh di mana uka ini? Apa kata orang nanti? Dengan pendapatan segitu, kapan kayanya?” begitulah anggapan orang-orang. Padahal, tanggung jawab kecil bisa jadi batu loncatan.

Gaji yang kecil bisa naik. Tapi gengsi, apa yang bisa ia lakukan bagi kita? Tidak ada! Gengsi hanya membuat orang semakin sulit. Terlalu memikirkan apa kata orang hanya mempersulit diri sendiri.

Bro & Sis, seorang motivator pernah berujar, “Tanggalkan gengsi jauh-jauh dari diri kita jika ingin hidup bergengsi.” Ia sendiri deulunya pernah mencicipi bekerja sebagai kuli bangunan, sales sampai distributor MLM. Mari buang gengsi kita. Lempar jauh-jauh kesombongan kita. Sebab, kecongkakan mendahului kehancuran dan kejatuhan. Sementara kerendahan hati mendatangkan banyak hal baik dalam hidup kita.

Sumber: Renungan Bulanan Profesional, 10 Juni 2017 (Imelda).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s