Melibatkan

Bro & Sis, Azim Hashim Premji adalah salah seorang pengusahn India yang memiliki perusahaan bernama Wipro. Wipro awalnya hanya menjual minyak goreng dan sabun, namun kemudian berkembang hingga menjadi pemasok alat-alat berat karena perusahaan itu bekerja sama dengan General Electric, perusahaan asal Amerika Serikat. Ketika teknologi dan informasi masuk India, Wipro bahkan melebarkan sayap menjadi distributor komputer pertama di India. Apa kunci suksesnya? “Kami memberi tanggung jawab kepada karyawan walaupun kesiapan mereka hanya 60% saja. Menurut pengalaman kami, seseorang menjadi elastis saat diberi tanggung jawab. Mereka berkembang pesat bersama pekerjaan mereka.”

Ya, kala anak buah dipercayai, dilibatkan dalam proyek penting misalnya, maka bukan saja kepercayaan diri mereka yang meningkat, namun juga hubungan Anda dengan merekapun semakin dekat. Kedekatan ini tentu saja dapat menumbuhkan loyalitas, hal yang ujungnya menguntungkan perusahaan.

Sebelum mendelegasikan, sebelum melibatkan atau merangkul orang, perlu diingat bahwa tidak ada pribadi yang sempurna. Sehandal apa pun anda, semahir bagaimana pun mereka, kekeliruan ata hal yang tidak diharapkan dapat saja terjadi. Maka, siapkanlah mental anda. Sikap ini tidak akan membuat kita terlalu stres atau frustasi kala orang-orang belum mencapai hasil yang maksimal. Toh, di lain wakti itu bisa diperbaiki.

Bro & Sis, jika anda mengunggu sampai karyawan benar-benar siap, menunggu sampai orang-orang yang bekerja untuk kita perfect maka sepertinya sampai kapan pun keadaan demikian tidak akan datang. Dan kita pun akan kewalahan karena tidak dibantu. Jadi, beranilah melibatkan dantidak kuatir mempercayai orang lain sebab bekerja sama lebih baik daripada bekerja seorag diri.

Sumber: Renungan Bulanan Profesional, 12 Juni 2017 (Imelda)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s